Senin, 30 Juni 2008

keunikkan dunia pendidikan

Sekolah Pertama yang Tawarkan Dua Kurikulum


TK-SD Unggul Sakti Kota Jambi,
Kota Jambi

Sekolah Berbasis Teknologi dan Bahasa Inggris

SEKOLAH pilihan adalah tempat yang bisa memberikan apa yang dibutuhkan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas sehingga memiliki daya saing yang tinggi. Pastinya bukan hanya sekadar membaca, menulis, menghitung, tapi juga dapat menyalurkan kreativitas anak.

Memenuhi keinginan akan sekolah yang bermutu dengan sarana dan prasarana lengkap. TK-SD Unggul Sakti yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Unggul Sakti menjawab keinginan orang tua dan wali murid untuk anaknya, sebagai fondasi dasar pendidikan anak.

Kepala Sekolah TK-SD Unggul Sakti mengatakan, pihaknya menawarkan dua kurikulum dalam pengajarannya. “Bahkan sebagai sekolah yang pertama kali menerapkan dua kurikulum,” ungkapnya kepada Jambi Independent. Masing-masing yakni kelas regular yang menggunakan kurikulum nasional sesuai dengan Mendiknas serta kelas bilingual yang menggunakan kurikulum Singapura dan nasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Orang tua, katanya, boleh memilih kelas untuk anaknya, pastinya disesuaikan dengan kemampuan si anak. Lebih rinci, Hardi mengatakan, di kelas reguler, sekolah yang berada di Jln Wijaya N0 18 Talang Banjar ini punya keunggulan dibandingkan sekolah lainnya. Yakni menawarkan mata pelajaran bahasa Inggris lebih banyak yakni 4 jam pelajaran dalam satu minggu.

Sedangkan kelas bilingual, bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris diakuinya memang lebih intensif digunakan. Ia memastikan, dengan mengikuti kelas bilingual, anak tidak akan kaget lagi menyesuaikan diri dengan sekolah-sekolah internasional lainnya. Atau bahkan jika ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Pendaftaran untuk penerimaan siswa TK-SD Unggul Sakti telah dimulai tanggal 5 Maret lalu. “Dan akan ditutup bila jumlah siswa telah terpenuhi,” terangnya. Untuk kelas regular, hanya 40 siswa yang akan diterima sedangkan kelas bilingual berjumlah 25 siswa.

Sekolah ini juga memberikan ruang kepada anak untuk unjuk kreatifitasnya pada pentas seni yang digelar setiap tahun. Sementara itu, di sekolah ini anak juga diberikan keleluasaan di lokasinya lebih kurang seluas satu hektar.

Memilih sekolah yang tepat sebagai fondasi dasar anak, sangat penting. Untuk itu jangan salah pilih sekolah untuk pendidikan anak Anda. Karena TK-SD Unggul Sakti menawarkan pendidikan berbasis teknologi dan kemampuan bahasa Inggris.(dya)

Ada Kolam Renang dan UKS Ber-AC

SEBAGAI sekolah nasional plus, TK-SD Unggul Sakti menawarkan fasilitas yang lengkap. Tentunya dengan gedung baru yang nyaman untuk belajar. Fasilitas yang tersedia antara lain lapangan basket, lapangan voli, badminton dan tenis meja. Juga ada perpustakaan dan ruang audio visual.

Selain itu, untuk membekali siswanya dengan teknologi maka sekolah ini juga memiliki laboratorium komputer dan laboratorium IPA. “Bahkan kita juga punya kolam renang sekolah, untuk kegiatan eskul anak,” paparnya.

Tk-SD Unggul Sakti juga dilengkapi dengan ruang UKS yang ber-AC. Aula untuk berbagai kegiatan sekolah. Siswa juga di beri keleluasaan untuk memilih berbagai kegiatan eskul sesuai dengan minat dan bakatnya. Antara lain ada menari, menyanyi, menggambar, pramuka dan iqra. “kegiatan eskul di gelar setiap Sabtu,” paparnya.

Sementara itu, kelebihan lain yang dimiliki sekolah ini yakni siswa juga dibekali dengan kelas sempoa yang sangat bermanfaat untuk melatih daya ingat dan ilmu berhitung siswa secara cepat. “Selain bahasa Inggris siswa juga diajarkan bahasa Mandarin, bahkan pelajaran berenang pada minggu kedua setiap bulannya,” jelas Hardi.

Sementara itu, untuk pembinaan, siswa yang berprestasi akan diikutkan dalam berbagai perlombaan. Mereka yang berprestasi juga akan mendapatkan beasiswa jika melanjutkan pendidikan ke SMP Unggul Sakti.

Hardi menegaskan yayasan memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan berusaha untuk menjadikan sekolah maju dan berkualitas untuk membentuk SDM yang handal.

Selain itu, karena tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas diakuinya Yayasan yang diketuai oleh Darson Wijaya, SE ini akan menambah fasilitas ruang kelas sebanyak 10 kelas dan dua ruang kantor.

Utamakan Kedisiplinan

DUNIA anak, adalah dunia yang unik. Keunikkan akan dunia anak itulah yang membuat Hardi S Pd, dipercaya sebagai Kepala Sekolah TK-SD Unggul Sakti, pastinya juga dengan kemampuan dan ilmu yang dimilikinya.

Pria kelahiran 15 Agustus 1969 ini juga sempat memimpin SD At Taufiq pada tahun 2000-2004. Baru pada tahun 2004 katanya dia menjabat sebagai Kepala Sekolah TK-SD Unggul Sakti.

Menjadi guru, katanya adalah pilihan yang menyenangkan. Karena saat anak-anaklah kesempatan terbaik untuk menanamkan pondasi dasar, memberikan ilmu dan pendidikan dengan baik.

Suami Titin Yeni ini mengatakan sebagai pendidik dia bercita-cita ingin melihat ada anak Jambi bisa memiliki prestasi yang menonjol hingga ke tingkat nasional, bahkan internasional. Karena itulah, makanya di TK-SD Unggul Sakti ini dia mengharapkan siswanya dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dengan baik, “Untuk menggali potensi dan bakat yang ada dimiliki,” tegasnya.

Dalam memimpin, Hardi mengatakan tetap mengutamakan disiplin anak. Dengan sikap disiplin prestasi anak dapat digali dan diarahkan dengan baik, katanya.

Tidak ada komentar: